Kamis, 04 Oktober 2012

Era Baru Perang Tablet


iPad 2 vs Galaxy Tab 10.1 vs Playbook: Era Baru Perang Tablet


Apple iPad 2, Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Blackberry Playbook membuat perang tablet PC semakin sengit. Di sisi lain, kehadiran tiga buah tablet mutakhir dengan OS tercanggih di kelasnya tersebut menambah keleluasan konsumen dalam memilih. So, buat yang penasaran, kali ini saya coba mengulas Apple iPad 2 vs Galaxy Tab 10.1 vs Blackberry Playbook.

Masing-masing produk adalah tablet dengan fitur, spesifikasi dan kemampuan tercanggih saat ini. Menariknya, dengan sistem operasi berbeda-beda, ketiganya menawarkan experience dan nilai tambah berlainan sesuai kebutuhan target marketnya.


Komparasi Desain

Secara garis besar, saya melihat iPad 2 (9,7 inci) dan Galaxy Tab 10.1 (10,1 inci) memiliki ukuran yang nyaris sama dan relatif memadai untuk sebuah tablet. Sementara Blackberry Playbook muncul dengan ukuran setara Galaxy Tab generasi pertama (7 inci).
Saat ditimang-timang, Galaxy Tab 10.1 terasa lebih tipis 0.2 mm ketimbang iPad 2. Lain dari itu, bobot tablet besutan Samsung tersebut lebih ringan sekitar 42 gram. Bukan hal aneh lantaran iPad terbuat dari material logam di bagian belakang sementara Galaxy Tab 10.1 terbuat dari plastik. Blackberry Playbook paling ringan bobotnya.


Komparasi Layar

Dengan layarnya yang besar, Apple iPad 2 dan Samsung Galaxy Tab 10.1 sangat memuaskan dipakai menikmati film atau menjelajah internet. Gambar dan fontasi yang tertampil terasa lebih memanjakan mata.
Tapi ukuran layar Blackberry Playbook yang kecil pun sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri. Khususnya dalam hal input data, saat mengetik melalui keypad virtualnya, setiap tombol masih bisa diakses kedua ibu jari secara lebih optimal. Saat saya bandingkan dengan dua rivalnya, area tengah keyboard virtual terasa agak sulit dijangkau ibu jari.
Bicara kualitas layar, ternyata layar Playbook terasa paling tajam. Hal tersebut bisa diperoleh berkat tingkat kedalaman layarnya yang lebih baik dari iPad 2 maupun Galaxy Tabl 10.1 yakni mencapai 169 piksel per inchi (ppi).
Tapi, Samsung Galaxy Tab 10.1 terlihat paling superior secara keseluruhan mulai dari tingkat kecerahan, kontras, dan viewing angle. Pasalnya, tablet milik vendor Korea Selatan ini sudah dibenami teknologi PLS (plane line switching) display terbaru yang lebih cerah dari panel IPS pada iPad 2.


Komparasi Sistem Operasi

Samsung Galaxy Tab dijejali OS Android versi Honeycomb (v 3.0) besutan Google. Sementara iPad 2 dan Playbook menggunakan sistem operasi buatan sendiri, yakni iOS 4 dan BlackBerry Tablet OS yang dikembangkan RIM bersama QNX.
Saat saya cicipi, Apple iPad 2 memiliki tampilan antarmuka yang paling praktis dan simpel. Tak terlalu banyak perbedaan dari iPad generasi pertama sehingga masih terasa familiar.
Berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 10.1 yang tampil dengan perbedaan signifikan pada bagian antarmukanya. Android Honeycomb memiliki tampilan dan user experience berbeda dengan OS Android yang tertanam pada Galaxy Tab generasi awal.
Di bagian homescreen misalnya, sektor ini ditampilkan dengan gaya yang lebih mutakhir dari seri terdahulu. Di sudut kiri bawah berkumpul empat buah tombol virtual masing-masing back, home, recent apps dan screen capture. Recent apps menampilkan seluruh aplikasi yang berjalan atau beberapa yang terakhir Anda buka.
Lain lagi antarmuka Blackberry Playbook yang ternyata hampir mirip dengan tampilan BlackBerry OS versi 6 dengan 4 buah tray yang terpampang bersandingan, masing-masing adalah All, Favorites, Media dan Games. Menu Option bisa diakses lewat tray All.
Jika ingin beralih antar antar tray, Anda bisa menekan judul tray yang diinginkan atau menyapu layar ke kanan atau kiri. Setiap tray tersebut juga dapat dibuka-tutup dengan menekan ikon tanda panah yang terletak pada sudut kanan tray atau menyapu dari frame bagian bawah ke tengah layar. Agak ribet bagi pemula.


Komparasi Browser

Untuk internetan, tiga tablet ini sudah tergolong nyaman dan memuaskan. Berbagai fitur yang diperlukan pada browser masa kini sudah dibenamkan. Mulai dari multitab browsing, page pinch zooming dan download disuntikkan pada native browser ketiganya. Tapi ada satu catatan tersendiri dimana iPad 2 tidak mendukung flash player, sementara Playbook dan Galaxy Tab mendukung fitur tersebut.
Browser Playbook ternyata cukup menjanjikan. Anda dapat merasakan pengalaman berinternet layaknya menggunakan desktop PC. Anda tak bakal menemukan pengalihan ke versi mobile saat mengakses berbagai situs.
Hal yang kurang nyaman justru ditemukan pada Galaxy Tab 10.1. Pasalnya, saat Anda mengunjungi situs yang juga memiliki versi mobile menggunakan tablet ini, Anda akan diarahkan ke versi mobile karena browser tablet ini terdeteksi sebagai mobile browser. Padahal, Android versi 3.0 atau Honeycomb sudah dikembangkan untuk versi tablet dan berupaya melepas embel-embel mobile.
Untung saja user experience Galaxy Tab sangat menjanjikan. Ambil contoh, saya bisa menikmati fitur tilt zooming. Saya bisa memperbesar atau memperkecil halaman website cukup menyentuh layar dengan 2 jari (biasanya ibu jari) kemudian mengubah posisi kemiringan Galaxy Tab 10.1.
Lebih jauh iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 sudah dibekali dengan slot kartu SIM, sehingga Anda dapat menggunakan jalur data operator kapan saja. Fasilitas ini tidak disediakan pada Playbook.
Disamping itu Anda juga dapat menggunakan koneksi wifi sebagai alternatif. Playbook, sehingga Anda harus menghubungkan tablet ini dengan HP pintar BlackBerry melalui fitur BlackBerry Bridge untuk berinternet, selain tentunya dengan jalur wifi.


Komparasi Kamera

iPad 2 hanya menampilkan interface kamera sederhana minim pengaturan. Hanya terdapat fitur zooming dan touch focus. Untung saja, pada iPad 2 sudah tersedia aplikasi Photo Booth untuk menghadirkan efek lucu pada foto yang ingin diabadikan.
Tak jauh berbeda Playbook yang juga hanya menampilkan pengaturan zoom dan geotagging pada kameranya. Sayangnya autofocus tidak disediakan Playbook. Tapi hanya Playbook yang bisa merekam video full HD (1080p) pada kedua kameranya. Sementara iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 hanya 720p.
Tapi soal pengaturan, Samsung Galaxy Tab 10.1 berjaya, Lihat saja sisi kiri layar dalam opsi kamera. Tampak 6 buah tombol virtual yang mewakili pengaturan berbeda. Pengaturan yang lebih kompleks bisa diakses dengan menekan tombol virtual paling bawah di sisi kiri layar. Galaxy Tab 10.1 juga menyediakan LED flash.


Kesimpulan

Blackberry Playbook sepertinya belum mampu menandingi dua rivalnya. Pasalnya, untuk memaksimalkan fungsinya, Anda harus memiliki smartphone Blackberry sebagai tandem. Sementara Samsung Galaxy Tab 10.1 dan iPad 2 sudah siap sebagai tablet sebenarnya. Simplisitas yang ditawarkan iPad 2 membuat tablet ini paling nyaman dipakai. Sementara Galaxy Tab 10.1 unggul di sektor kekayaan fitur.

Spesifikasi Blackberry Playbook
BlackBerry Playbook
Harga Rp. 4.999.000,- (16GB)
HSDPA
Tidak
Kamera
Ya
3G
Tidak
Video Chat
Ya
WiFi
Ya
Memory External
Tidak
Bluetooth
Ya
Email
Ya
Infrared
Tidak
Music Player
Ya
Browser
Ya
Video Player
Ya
Java MIDP
Tidak
Video Recorder
Ya
GPS Internal
Tidak
OS Terbuka
Tidak
Aplikasi Navigator
Tidak
Radio FM
Tidak

Dimensi: 194 x 130 x 10 mm; Bobot: 425 gram;
Layar: 7 inchi, TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 600 x 1024 piksel, 169 ppi;
Kamera: 5 MP, 2592?1944 pixels, Geo-tagging, Kamera sekunder 3MP,
video Full HD (1080p) recorder pada kedua kamera; Memori: 16/32/64 GB internal;
Konektivitas: WiFi 801.11 b/g/n, Bluetooth 2.1 A2DP, 3.5 mm audio;
CPU: 1GHz dual-core Cortex-A9 CPU,
PowerVR SGX540 GPU, TI OMAP 4430 chipset, 1GB RAM 
Sistem Operasi: BlackBerry Tablet OS (QNX)
Baterai: Li-Po 5300 mAh
PlayBook, SoftPouch, Charger, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Manual, Wipe Cloth

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 10.1
Galaxy Tab 10.1
Harga Rp. 6.000.000,- (16GB)
HSDPA
Ya
Kamera
Ya
3G
Ya
Video Chat
Ya
WiFi
Ya
Memory External
Tidak
Bluetooth
Ya
Email
Ya
Infrared
Tidak
Music Player
Ya
Browser
Ya
Video Player
Ya
Java MIDP
Ya
Video Recorder
Ya
GPS Internal
Ya
OS Terbuka
Ya
Aplikasi Navigator
Ya
Radio FM
Tidak

Dimensi: 256,7 x 175,3 x 8,6 mm; Bobot: 565 gram;
Layar: PLS TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna, 800 x 1280 piksel,
10.1 inchi, 149 ppi; Kamera: 3 MP autofokus dengan LED Flash,
HD (720p) video recording capability, kamera sekunder 2MP,
 instant SNS sharing (Gmail, Messaging, Picasa);
Memori: 16/32/64 GB Internal, 1GB RAM;
Konektivitas: HSPA +21 850/900/1900/2100,EDGE/GPRS 850/900/1800/1900,
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, dual-band, Wi-Fi hotspot,
Bluetooth v3.0 with A2DP, USB v2.0, ;
  CPU: Dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 proccessor,
ULP GeForce GPU, Tegra 2 chipset 
Sistem Operasi: Android OS, v3.0 (Honeycomb)
Baterai: Li-Po Built-in 7000 mAh
Galaxy Tab 10.1, Charger, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Manual, Headset


Spesifikasi iPad 2

iPad 2
Harga Rp. 6.500.000,- (16GB)
HSDPA Ya Kamera Ya
3G Ya Video Chat Ya
WiFi Ya Memory External Tidak
Bluetooth Ya Email Ya
Infrared Tidak Music Player Ya
Browser Ya Video Player Ya
Java MIDP Tidak Video Recorder Ya
GPS Internal Ya OS Terbuka Tidak
Aplikasi Navigator Ya Radio FM Tidak
Dimensi: 241.2 x 185.7 x 8.8 mm; Bobot: 607 gram;
Layar: LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen,
16 juta warna, 768 x 1024 piksel, 9.7 inchi, 132 ppi ;
Kamera: 0.7 MP (960 x 720 piksel), HD (720p) video recording capability,
kamera sekunder VGA;  Memori: 16/32/64 GB Internal, 512MB RAM;
Konektivitas: HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100,
EDGE/GPRS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, , Bluetooth v2.1 with A2DP & EDR, USB v2.0, ;
CPU: 900 MHz dual-core ARM Cortex-A9 proccessor,
PowerVR SGX543MP2 GPU, Apple A5 chipset 
Sistem Operasi: iOS 4
Baterai: Li-Po 6930 mAh (25 Wh)
iPad 2, Charger, Kabel Data, Kartu Garansi, Buku Manual, Wipe Cloth, Sticker Apple

Tidak ada komentar:

Posting Komentar